Tag

, , , , , , ,

Jika saat ini website anda sudah berada di posisi 10 besar google, jangan terlalu bersenang-senang dulu. Kenapa ?!? ada 2 hal alasannya :

  • Yang pertama karena keberadaan website di internet masih terus tumbuh sehingga pesaing pun semakin banyak. Hal ini menjadikan prosentase menduduki posisi 10 besar google semakin kecil.

Yang kedua karena google sendiri juga selalu melakukan update algoritma SERP nya. Google saat ini sudah meliris algoritma SERP nya yg baru, terutama berkaitan dengan kualitas konten yang dimiliki suatu website. Algoritma SERP (Search Engine Result Page) Google yang terbaru atau sering disebut Google panda ini lebih memberikan prioritas utama pada konten-konten website yang berkualitas. Dengan demikian, diharapkan hanya website-website relevan yang berkualitas sajalah yang bisa muncul di halaman 1 Google, sehingga memberikan user experience yang lebih baik kepada para pengguna Google.

5 tips mempertahankan posisi 10 besar google

Sehingga untuk bisa mempertahankan posisi 10 besar Google terkait dengan 2 alasan tersebut, berikut tips nya :

  • Perbaiki kualitas konten, terutama hindari tulisan asal comot.

Hal ini terkait dengan algoritma SERP yang baru di luncurkan tahun ini. Algoritma Google panda setidaknya akan mendeteksi tulisan-tulisan copy-paste, dan akan menempatkannya sebagai low priority di halaman SERP nya. Sehingga tulisan yang seperti ini akan meluncur ke halaman-halaman akhir SERP google.
Kualitas konten juga sebaiknya dibuat dengan memberikan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi pengunjungnnya. Karena konten yang disukai pengunjung akan meningkatkan bounce rate, dimana pengunjung akan betah berlama-lama di website tersebut. Dan hal ini juga merupakan parameter yang dimasukkan dalam algoritma Google panda.

  • Bangun backlink di social media.

Sosial media saat ini menjadi pendongkrak pengguna internet didunia. User-user baru, banyak bermunculan melalui sosial media ini. Facebook, twitter menjadi primadona sosial media yang digemari penduduk dunia. Hal ini berkaitan dengan omongan dari Matt Cutts, pentolan engineer di Google, yang memberikan clue di tahun 2011 ini salah satu strategi link building yang perlu Anda fokuskan adalah link yang berasal dari social media seperti Facebook dan Twitter.
Dan bukan hal yang tidak mungkin jika Google panda akan menerapkan backlink yang berasal dari sosial media ini, dan memiliki pengaruh dalam SERP nya nanti.

  • Perbaiki SEO on Page.

SEO on page berpengaruh kepada user experience di website anda. Dimana user experience akan dinilai oleh SERP google panda. Hal itu terkait dengan navigasi tulisan, sitemap, internal link.
Misalnya saja, berapa lama visitor Anda betah berada di website Anda, apakah bounce rate-nya tinggi, berapa banyak internal link yang di-klik, berapa banyak halaman yang di-klik, dan sebagainya.

  • Tingkatkan relevansi backlink.

Relevansi backlink merupakan hal yang juga perlu dibangun. Relevansi backlink artinya backlink yang didapat berasal dari konten yang bertema sama. Memiliki tingkat relevansi yang tinggi bukan pula dari website yang memiliki nilai buruk dimata Google panda, seperti website copas. Dengan membangun backlink yang relevansinya tinggi, Google akan menganggap website kita berkualitas. Dan akan menempatkannya di high-priority

  • Aksesibilitas perlu ditingkatkan.

Hal lain yang mendukung user experience akan meningkat adalah faktor pengaksesan website. Buat pengunjung betah, itulah kuncinya. Faktor Aksesibilitas website erat kaitannya dengan loading website, tulisan yang enak dibaca, struktur tulisan yang padat.
Namun perlu diperhatikan juga, bahwa yang akan berkunjung ke website kita itu adakah manusia, yang punya rasa. Penggabungan tulisan dan gambar sekira perlu dibuat namun juga tidak berlebihan. Penggunaan javascript yang memberatkan loading web sekiranya juga bisa dihapus. Gunakan teknik-teknik untuk mempercepat loading web agar mampu meningkatkan user experience.

Intinya, website atau blog Anda harus bisa memberikan “user experience” yang berkualitas kepada visitor website Anda. Karena saat ini algoritma Google lebih mengedepankan kepuasan pelanggan Google dalam mencari informasi yang tepat diantara segudang informasi yang ada.